Rambut botak adalah sesuatu hal yang di takutkan terutama bagi wanita karena rambut bagi wanita adalah mahkota keindahan, bayangkan jika wanita tidak mempunyai rambut maka penampilannya tidak indah dan menawan. Oleh karena itu rambut yang menjadi mahkota keindahan ini harus dirawat dengan baik dan dijaga denga sebaik-baiknya agar tumbuh lebat dan indah, sehingga membuat kita tampil percaya diri dihadapan orang lain.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengatasi rambut botak dan rontok :

  • Sarapan

Rambut terdiri dari keratin yaitu zat yang akan memberikan kekuatan pada rambut. Philip Kingsley, seorang konsultant trichologist mengatakan, terlalu sedikit protein seperti daging merah, ikan, telur, ayam sangat mempengaruhi tingkat keratin, rambut akan kehilangan tenaga dan berhenti tumbuh.

Sarapan merupakan jadwal makanan yang paling penting untuk meningkatkan folikel rambut.

  • Jangan Menggosok Kepala Terlalu Keras Saat Berkeramas

Selain akan menyakiti kulit kepala anda dan menarik akar rambut, ini bahkan bisa merusak folikel rambut. Sangat penting untuk memperlakukan kulit kepala anda secara lembut saat berkeramas, dan jangan pernah menarik rambut dengan sisir.

Kerontokan rambut biasanya akan berhubungan dengan timbulnya ketombe, eksim atau dermaitis yang ditandai dengan gangguan kulit kepala, seperti gatal atau bersisik. Kemunculan gangguan yang menimbulkan peradangan yang mempunyai efek buruk pada folikel rambut.

  • Jangan Mewarnai Rambut

Ada beberapa fakta dari penggunaan bahan yang terbuat dari pewarna rambut minyak bisa merusak folikel rambut. Selain itu, dapat menyebabkan rambut berhenti tumbuh. Hal ini berlaku terutama bila pewarna rambut dipakai terus menerus untuk waktu yang lama.

  • Relaksasi

Philip Kingsley mengatakan mempunyai kelebihan hormon pada pria mungkin tidak terdengar buruk, tetapi testosteron dan dihydrotestosterone (DHT) bisa mempunyai efek buruk pada bagian-bagian tertentu dari folikel rambut.

Mereka meresap ke dalam batang rambut dan menyebabkan penipisan, kemudian membuat rambut terlihat tidak sehat dan rambut akan berhenti tumbuh. Hal ini cenderung terjadi pada pria yang mengalami stres. Tubuh mereka akan menghasilkan kelebihan hormon dan kemungkinan besar akan mengalami kerontokan rambut.

  • Tingkatkan Asupan Zat besi

Kekurangan zat juga bisa menyebabkan rambut rontok. Tidak mempunyai zat besi yang cukup, tingkat feritin akan turun ( feritin merupakan molekul yang menyimpan zat besi dalam tubuh dan melepaskan dengan cara yang terkontrol). Pada umunya, ini akan menganggu siklus pertumbuhan rambut yang normal dan meningkatkan rambut rontok. Untuk membantu mengurangi kerontokan rambut anda, ada baiknya mengkonsumsi makanan kaya zat besi, seperti daging merah, sayuran hijau tua, kacang-kacangan dan buah-buahan.

  • Berhenti Merokok

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Dermatology menunjukkan bahwa selain menyebabkan kanker dan penyakit jantung, merokok juga dapat membuat rambut rontok.

Diperkirakan bahwa, selain menyebabkan kerusakan pembuluh darah perifer dalam tubuh, merokok juga bisa merusak suplai darah ke folikel rambut. Dampak lain yang akan mempengaruhi folikel rambut dan menyebabkkan rambut botak.

Cegah Rambut Botak Dengan Keramas