Rambut botak merupakan salah satu masalah umum yang terjadi pada rambut. Masalah ini bisa terjadi pada perempuan ataupun laki-laki, namun unumnya banyak terjadi pada kaum laki-laki. Masalah rambut botak biasanya diawali dengan rambut yang mudah rontok dan patah.

Rambut yang rontok ini biasanya dimulai dari dahi dan makin lama makin mundur, sehingga menyebabkan rambut botak  di daerah depan kepala. Namun, pada beberapa orang justru ada yang mengalami kebotakan di daerah tengah rambutnya.


Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan rambut botak, beberapa diantaranya mungkin tidak bisa dikontrol. Berikut ini adalah beberapa penyebab kebotakan :

  • Faktor turunan

American Academy of Family Physicians menyatakan bahwa penyebab rambut botak yang paling umum adalah karena faktor keturunan. Jika orang tua mengalami kebotakan maka kemungkinan salah satu anaknya ada yang mengalami kebotakan juga.

Hormon yang tidak seimbang, penyebab rambut botak karena hormon yang tidak seimbang seperti androgens dan estrogens atau tidak terlalu aktifnya kelenjar tiroid. Kondisi hormonal ini bisa diatasi dengan mengunjungi dokter dan melakukan perawatan.

Efek setelah operasi, American Academy of Family Physicians mengatakan bahwa rambut botak kadang-kadang terjadi tiga atau empat bulan setelah menjalani operasi besar. Namun, setelah beberapa waktu berlalu rambut bisa tumbuh kembali.

Pengaruh obat-obatan, beberapa pengobatan seperti pengencer darah, pengobatan untuk tulang, kemoterapi dan obat antidepresi bisa menyebabkan rambut rontok yang dapat memicu rambut botak.

  • Akibat infeksi jamur

infeksi jamur yang terjadi di kulit kepala bisa menyebabkan rambut botak, sebaiknya segera diobati dengan obat anti jamur atau berkonsultasi dengan dokter kulit. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kebotakan, kecuali untuk faktor-faktor tertentu yang memang tidak bisa dicegah.

Untuk mencegah rambut botak ikuti beberapa langkah berikut ini:

Awali pagi Anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, akan memberikan nutrisi yang bisa melindungi kulit kepala dan kantung rambut. Makanan yang mengandung protein tinggi sangat baik untuk pertumbuhan rambut dan kuku.

Cobalah untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih. Air adalah salah satu cairan yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk rambut, karena kulit kepala akan menjadi lebih sehat jika banyak air putih yang masuk ke dalam tubuh.

Konsumsilah multivitamin. Khususnya yang mengandung nutrisi seperti beta karoten yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perawatan rambut.

Minum vitamin B kompleks karena mengandung protein tinggi yang baik untuk rambut, kuku dan kulit. Jika kulit sehat, maka akan membuat kulit kepala menjadi lebih sehat sehingga mencegah kebotakan dan mendorong pertumbuhan rambut. Setelah mengetahui penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya, mudah-mudahan Anda bisa terhindar dari masalah rambut botak.